Peserta Ekspedisi Geopark Kaldera Toba SMSI se-Indonesia Nikmati Pesona Alam Hutaginjang, Kunjungi Kampung Ulos, Keliling Pulo Sibandang, dan Silaturahmi Bersama Bupati

Duaratusan jurnalis senior dari Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) yang datang dari berbagai penjuru Tanah Air, tiba di objek wisata Hutaginjang Muara Tapanuli Utara, Sabtu (4/2/2033).

topmetro.news – Duaratusan jurnalis senior dari Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) yang datang dari berbagai penjuru Tanah Air, tiba di objek wisata Hutaginjang Muara Tapanuli Utara, Sabtu (4/2/2033).

Kehadiran pekerjaan media siber itu dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2023 dengan kegiatan bertajuk Ekspedisi Geopark Kaldera Toba.

Rombongan disambut dengan tortor 12 orang artis dari Komunitas Putra Putri Bonapasogit didampingi Asisten III Binhot Aritonang, Kadis Pariwisata Sasma Situmorang, Kadis Pemuda dan Olahraga Marco Panggabean.

Pada kesempatan itu Ketua Umum SMSI Firdaus, Sekjen H Muhammad Naksir, dan Ketua SMSI Sumut Eris Napitupulu bersama seluruh rombongan berkesempatan menyaksikan eksebisi atraksi olahraga dirgantara gantole, paramotor, dan paralayang yang khusus diselenggarakan untuk acara itu.

Kadis Pariwisata dan Kadis Pemuda dan Olahraga dalam wawancara khusus kepada awak media menguraikan potensi objek wisata Hutaginjang sebagai sarana olahraga dirgantara dan kawasan kunjungan wisata sebagai bagian dari Kaldera Toba yang mengandung sejarah vulkanik luar biasa.

Lima olahragawan yang menyajikan atraksi sempat diwawancarai peserta yang menjelaskan, kawasan Hutaginjang salah satu kawasan terbaik untuk uuntuk olahraga dirgantara dan sering digunakan untuk even pertandingan regional.

Sebelum istirahat makan siang, rombongan dihibur tarian tradisional Tortor Naposo dari Putra Putri Bonapasogit. Ketua SMSI Sumut Eris Napitupulu, Ketua Umum Firdaus dan Sekjen HM. Natsir ikut ‘manortor’ sehingga suasana semakin meriah.

Rombongan meninggalkan Huta Ginjang pukul 14.35 WIB, menuju Desa Hutanagodang Muara meninjau industri tradisional pertenunan ulos.

Kampung Ulos

Di Kampung Ulos Hutanagodang Muara rombongan disambut Kadis Perindag dan Koperasi Gipson Siregar dan Ketua Dekranasda Tapanuli Utara Satika Nababan Br Simamora SE MM.

Satika menyebutkan, ia merasa tersanjung diikutkan dalam kegiatan SMSI yang berskala nasional. Ia juga menguraikan perkembangan pertenunan Ulos di Tapanuli Utara dan upaya Dekranasda untuk membantu petenun Ulos.

Disebutkan pada walau sempat ditolak di tempat tertentu, ia terus memotivasi 11.000 petenun ulos mulai dari Kecamatan Tarutung, Siatasbarita, dan Muara untuk terus bekerja meningkatkan kegiatan, kreatifitas, dan kualitas. Ulos sebelumnya untuk budaya bukan untuk konsumsi lebih umum seperti pakaian (fashion) dengan dengan orientasi pasar.

Hampir 1,2 triliun satu tahun pendapat pertenunan ulos Tapanuli Utara.

Satika juga menjelaskan motif corak dan warna dasar Ulos (hitam, merah, dan putih) dan anjuran menggunakan bahan pewarna alami (natural). Bekerja dengan prinsip menyatu dengan pekerjaannya (menjiwai pekerjaannya) agar hasil tenunannya ‘martondi’.

Satika juga menginformasikan peranannya dalam pengembangan UMKM di Tapunuli Utara salah satu home industri Wine Coffee yang mendapat perhatian pada pameran Home industri G20 di Bali.

Pada kesempatan ini puluhan petenun Ulos di Hutanagodang Muara menunjukkan keterampilan mereka dan mendapat perhatian dari peserta Ekspedisi Geopark Kaldera Toba SMS.

Ada juga sajian kuliner tradisional Batak (cendol, kuetalam, ikan arsik, migomak, dll).

Pejuang Rakyat

Ketua Umum SMSI Firdaus dalam sambutannya mengapresiasi upaya Ketua Dekranasda Tapanuli Utara Satika Simamora SE MM yang berjuang untuk meningkatkan perekonomian masyarakat pengrajin ulos dan pengusaha UMKM.

Perjuangan dan pengabdian itu telah mendapat penghargaan Upakarti dari Kementerian Perindustrian RI.

“Kami dari SMSI sangat mengapresiasi perjuangan ibu yang sangat luar biasa. Kami tidak berlebihan menyebut Ibu Satika Simamora sebagai Ibu Rakyat Tapanuli Utara,” sebut Firdaus dan mendapat aplaus dari seluruh rombongan.

Menjawab pertanyaan utusan SMSI dari Jambi dan Kalimantan Timur, terkait kesinambungan pembinaan petenun ulos dan UMKM di Tapanuli Utara, Satika Simamora menyebut, Tuhan akan memberikan yang terbaik kepada masyarakat pengrajin dan UMKM melalui pemimpin Tapanuli Utara mendatang.

Oleh sebab Satika Simamora melalui pengeras suara mengajak para pengrajin ulos tetap bekerja sepenuh hati berbuat baik agar datang pemimpin yang baik.

“Mudah mudahan Tuhan memberi kesempatan kepada saya, di mana pun saya berada, saya dapat berkontribusi untuk petenun ulos dan UMKM di Tapanuli Utara,” sebut Satika.

Sekitar pukul 17.30 WIB, rombongan melakukan tour keliling Pulo Sibandang dengan tiga kapal motor didampingi kapal motor puskesmas keliling milik Pemkab Tapaanuli Utara.

Silaturahmi HPN 2023

Sekitar pukul 20.00 WIB acara silaturahmi Hari Pers Nasional 2024 bersama insan pers yang tergabung dalam SMSI seluruh Indonesia dilaksanakan di Aula Hotel GNB Muara dihadiri Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan MSi, Binsar Situmorang staf ahli Gubernur Sumatera Utara, Sekdakab Indra Simaremare.

Ketua SMSI Sumut yang juga Ketua Panitia HPN 2023 dalam laporannya menyampaikan kehadiran perwakilan SMSI di antaranya dari Sulawesi, NTT, Kalimantan, Aceh, Sumatera Selatan, Lampung, dll.

Eris juga mengapresiasi penerimaan yang luar biasa dari Bupati Nikson Nababan dan Ketua Dekranasda Satika Simamora yang menerima rombongan SMSI yang datang dari berbagai penjuru Tanah Air.

Pada acara itu dilaksanakan penandatangan MoU Pendirian Universitas Negeri Tapanuli Raya oleh Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan MSi dan Ketua Umum SMSI Firdaus.

Dan penandatanganan MoU kerjasama publikasi antara SMSI oleh Ketua SMSI Sumut Erris Napitupulu dengan Pemkab Taput oleh Kadis Infokom Hendrik Taruna.

Bupati Tapanuli Utara dalam sambutannya menguraikan tahapan pembangunan selama sembilan tahun kepemimpinannya.

Dikatakan, 90% desa di Tapanuli Utara sudah terbebas dari ketertinggalan dan peningkatan ekonomi desa. Pembangunan infrastruktur terus ditingkatkan dan membebaskan desa dari kegelapan dengan memasukkan listrik kededa. Terakhir ke Desa Rura Julu Balik Kecamatan Parmonangan.

Gubernur Sumatera Utara yang diwakili Staf Ahli Binsar Situmorang menyebutkan, dalam kepemimpinan Bupati Nikson Nababan Tapanuli Utara telah mengalami kemajuan yang luar biasa termasuk membebaskan kemiskinan.

Situmorang juga menguraikan sepintas sejumlah kawasan yang termasuk dalam Kaldera Geopark yang ditetapkan UNESCO di antaranya kawasan Pulo Sibandang Kecamatan Muara.

Ia juga berharap SMSI dapat menjadi mitra publikasi Pemprov Sumut.

Cenderamata

Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan MSi memberkati cenderamata Kepada Ketua Umum SMSI Firdaus dan Gubernur diwakili Binsar Situmorang. Juga kepada Sekjen SMSI JM Natsir, Ketua SMSI Aceh, Kalimantan Timur, Ketua Penyelenggara HPN Lesman Bangun, Ketua SMSI Sumut Erris Julita Napitupulu, Sekretaris Panitia Benny Pasaribu, Penasehat SMSI Sumut Ronny Purba sejumlah pengurus yang berperan dalam acara HPN ini.

Ketua Umum SMSI Firdaus menyampaikan terima kasih atas cenderamata yang diberikan dan berharap Universitas Negeri Tapanuli Utara dapat segera terwujud.

reporter | Jansen Simanjuntak

Related posts

Leave a Comment